Pengertian Iklim Kelas Menurut Para Ahli : Definisi, Jenis, Faktor, Tujuan dan Ciri Ciri Iklim Kelas Kondusif (Baik)


Pengertian Iklim Kelas Menurut Para Ahli : Definisi, Jenis, Faktor, Tujuan   dan Ciri Ciri Iklim Kelas Kondusif (Baik)



BLOOM
IKLIM KELAS ADALAH segala seuatu yang pengaruh, kondisi, dan rangsangan dari luar yang meliputi pengaruh fisik, sosial dan intelektual yang mempengaruhi peserta didik.

HOY DAN FORSYTH
IKLIM KELAS ADALAH organisasi sosial yang informal dan aktivitas guru yang secara spontan mempengaruhi tingkah laku.

HOY DAN MISKELL
IKLIM KELAS ADALAH kualitas dari lingkungan kelas yang terus menerus dialami guru-guru, mempengaruhi tingkah laku, dan berdasar pada persepsi kolektif tingkah laku mereka

MOOSES
IKLIM KELAS seperti halnya manusia, ada yang sangat berorientasi pada tugas, demokrasi, formal , terbuka, atau tertutup.

TARMIDI
IKLIM KELAS ADALAH segala situasi yang muncul akibat hubungan antara guru dan peserta didik atau hubungan antara peserta didik yang menjadi ciri khusus dari kelas dan mempengaruhi proses belajar mengajar.

JENIS-JENIS IKLIM KELAS (BERDASAR SIKAP GURU)

IKLIM KELAS DENGAN SIKAP GURU YANG “OTORITER”
Suasana kelas dengan sikap guru yang otoriter, terjadi bila guru menggunakan kekuasaan atau kewenangannya untuk mencapai tujuannya tanpa lebih jauh mempertimbangkan akibatnya bagi anak, khususnya bagi perkembangan pribadinya. Dengan hukuman dan ancaman anak dipaksa untuk menguasai bahan pelajaran yang dianggap perlu untuk ujian dan masa depannya. Memang upaya guru tersebut menjadikan suasana kelas tenang, akan tetapi suasana hati peserta didik menjadi tidak tenang karena berada di bawah tekanan guru yang otoriter.

IKLIM KELAS DENGAN SIKAP GURU YANG “PERMISIF”
Suasana kelas dengan sikap guru yang permisif ditandai dengan membiarkan anak berkembang dalam kebebasan tanpa banyak tekanan frustasi, larangan, perintah, atau paksaan. Pelajaran selalu dibuat menyenangkan. Guru tidak menonjolkan dirinya dan berada di belakang untuk memberi bantuan bila dibutuhkan. Sikap ini mengutamakan perkembangan pribadi anak khususnya dalam aspek emosional, agar anak bebas dari kegoncangan jiwa dan menjadi anak yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

IKLIM KELAS DENGAN SIKAP GURU YANG “RIIL”
Suasana kelas dengan sikap guru yang riil ditandai dengan adanya kebebasan anak yang disertai dengan pengendalian terhadapnya. Anakanak diberi kesempatan yang cukup untuk bermain bebas belajar sesuai dengan tipe belajarnya serta minatnya tanpa diawasi atau diatur dengan ketat. Dilain pihak anak diberi tugas sesuai petunjuk dan pengawasan guru.

JENIS-JENIS IKLIM KELAS (YANG DIHADAPI SISWA)

SUASANA KELAS AUTOKRASI
Dalam suasan autokasi ini guru lebih banyak menerapkan persaingan, hukuman dan ancaman untuk mengawasi perilaku peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kelas. Dominan guru pada kelas autokrasi ini sangatlah menonjol sehingga jalannya kegiatan belajar-mengajar cenderung berpusat pada guru (teacher oriented)

SUASANA KELAS LAISSEZ-FAIRE
Pada suasana keals ini guru sangat sedikit bahkan sama sekali tidak memperlihatkan kegiatannya atau kepemimpinannya serta banyak memberikan kebebasan kepada peserta didiknya. Guru melepasan tanggung jawab kepada masing-masing peserat didiknya untuk melakukan tugas belajarnya. Dalam suasana kelas ini kegiatan belajarmengajar lebih didominasi oleh peserta didik (student oriented)

SUASANA KELAS DEMOKRATIS
Dalam suasana kelas demokratis ini guru memperlakukan peserta didiknya sebagai individu yang dapat bertanggung jawab, berharga, mampu mengambil keputusan, dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Manfaat yang dapat diperoleh dari suasana kelas yang demokratis ini adalah tumbuhnya rasa percaya diri, saling menerima dan percaya satu sama lain, baik antara guru dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Guru membimbing mengembankan, dan membagi tanggung jawab untuk semua warga kelas termaksud guru itu sendiri.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IKLIM KELAS

  • Pendekatan pembelajaran hendaknya berorientasi pada bagaimana siswa belajar (student centered);
  • Adanya penghargaan guru terhadap partisipasi aktif siswa dalam setiap konteks pembelajaran.
  • Guru hendaknya bersikap demokratis dalam memanag kegiatan pembelajaran.
  • Setiap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran sebaiknya dibahas secara dialogis.
  • Lingkungan kelas sebaiknya disetting sedemikian rupa sehingga memotivasi belajar siswa dan mendorong terjadinya proses pembelajaran.
  • Menyediakan berbagai jenis sumber belajar atau informasi yang berkaitan dengan berbagai sumber belajar yang dapat diakses atau dipelajari siswa dengan cepat

TUJUAN PENCIPTAAN IKLIM KELAS KONDUSIF

  • Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
  • Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar.
  • Menyediakan dan mengatur fasilitas perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas.

CIRI CIRI IKLIM KELAS KONDUSIF
  • Membangun kedisiplinan siswa di dalam kelas
  • Menciptakan hubungan positif antara guru dan siswa di dalam kelas
  • Mengkreasi hubungan positif antara siswa di dalam kelas
  • Membangun dinamika kelompok di dalam kelas
  • Bekerja sama dengan orang tua siswa
  • Menggunakan metodelogi pembelajaran
  • Memotivasi dan menumbuhkan gairah belajar
  • Mengoptimalkan aktivitas belajar mengajar
  • Siswa mendapat perlakuan adil, semuanya mendapatkan kesempatan yang sama untuk berprestasi sebaik-baiknya
  • Menciptakan aturan yang baik
  • Memecahkan macam-macam masalah
  • Mengoptimalkan sumber daya kelas untuk meningkatkan produktivitas proses pembelajaran


Pengertian Iklim Kelas Menurut Para Ahli : Definisi, Jenis, Faktor, Tujuan dan Ciri Ciri Iklim Kelas Kondusif (Baik) Pengertian Iklim Kelas Menurut Para Ahli : Definisi, Jenis, Faktor, Tujuan  dan Ciri Ciri Iklim Kelas Kondusif (Baik) Reviewed by blogger cirebon 2 on Januari 24, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.