Ad Unit (Iklan) BIG

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Evaluasi Pembelajaran


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Evaluasi Pembelajaran


Faktor Faktor yang mempengaruhi Evaluasi Pembelajaran adalah salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih terkait.

Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :



Faktor Faktor yang Mempengaruhi 
Evaluasi Pembelajaran


1. FAKTOR INTERNAL

a. Tingkat Pendidikan

Sesuai dengan undang-undang RI No 14 tahun 2005 tentang guru/dosen pasal 8 ditentukan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tingkat pendidikan guru dijadikan sebagai ukuran untuk meni;ai tingkat profesionalitas, sesuai dengan ketentuan dalam undang0undang guru dan dosen.

b. Tingkat Kesejahteraan Guru

Komitmen pemerintah baik pusat maupun daerah terhadap penyelenggaraan pendidikan juga sangat diperlukan. Dukungan tersebut baik dari segi peningkatan anggaran dana pendidikan, maupun komitmen dalam melaksanakan berbagai pembaharuan dalam bidang pendidikan. Pemerintah diharapkan menghargai kompetensi guru misalnya melalui pemberian tunjangan, namun diharapkan pemberian tunjangan harus didasrkan pada hasil uji kompetensi guru.

2. FAKTOR EKSTERNAL

a. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Dalam pelaksanaan pendidikan faktor sarana dan prasarana merupakan faktor yang tidaj kalah pentingnya. Kelengkapan sarana dan prasarana dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan. Ahar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran secara efektif maka hendaknya ada ketersediaan sarana dan prasarana dan media pembelajaran yang menunjang.

b. Kepemimpinan kepala sekolah

Kepemimpinan kepala sekolah memiliki andil cukup besar dalam mendorong dan meningkatkan kompetensi guru mengembangkan teknik evaluasi. Kepala sekolah hendaknya menunjukan rasa tanggung jawab bersama dan selalu memberikan keteladanan dalam melaksanakan tugas.



POSTINGAN TERKAIT