Ad Unit (Iklan) BIG

Langkah Langkah Evaluasi Pembelajaran, Guru Wajib Tahu


Langkah Langkah Evaluasi Pembelajaran, Guru Wajib Tahu


Langkah Evaluasi Pembelajaran adalah salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih terkait.

Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :


Langkah Langkah Evaluasi Pembelajaran

1) Menyusun rencana evaluasi hasil belajar

a) Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi. Perumusan tujuan evaluasi hasil belajar itu penting sekali, sebab tanpa tujuan yang jelas maka evaluasi hasil belajar akan berjalan tanpa arah dan pada gilirannya dapat mengakibatkan evaluasi menjadi kehilangan arti dan fungsinya.

b) Menetapkan spek-aspek yang akan dievaluasi misalnya apakah aspek kognitif, aspek afektif, atau aspek psikomotorik.

c) Memilih dan menentukan teknik yang akan dipergunakan didalam pelaksanaan evaluasi, misalnya apakah evaluasi itu akan dilaksanakan dengan teknis tes ataukah non tes.

d) Menyusun alat-alat pengukuran yang akan dipergunakan dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar siswa, seperti butir-butir soal tes hasil belajar.

e) Menentukan tolak ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau patokan dalam memberikan interprestasi terhadap data hasil evaluasi.

f) Menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil belajar itu sendiri.

2) Menghimpun Data

Wujud nyata dari kegiatan menghimpun data adalah melaksanakan pengukuran, misalnya dengan menyelenggarakan tes hasil belajar atau melakukan pengamatan, wawancara atau angket dengan menggunakan instrument-instrumen tertentu berupa rating scale, check list, interview guide atau questionnaire.


3) Melakukan verifikasi data

Data yang telah berhasil dihimpun harus disaring lebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Prooses penyaringan itu dikenal dengan istilah penelitian data atau verifikasi data. Verifikasi data dimaksudkan untuk dapat memisahkan data yang baik dari data yang kurang baik.

4) Mengolah dan menganalisis data

Mengolah dan menganalisis hasil evaluasi dilakukan dengan maksud untuk memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dihimpundalam kegiatan evaluasi. Untuk keperluan itu makan data hasil evaluasi perlu disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat berbicara. Dalam mengolah dan menganalisis data hasil evaluasi itu dapat dipergunakan teknik statistik dan /atau teknik non statistik, ctergantung kepada jenis data yang akan diolah dan dianalisis. Dengan analisis statistic misalnya, penyusunan atau pengaturan dan penyajian data lewat tabel-tabel, grafik atau diagram, perhitungan-perhitungan rata-rata, standar defiasi, pengukuran korelasi, uji beda mean atau uji beda frekuensi, dan sebagainya akan dapat menghasilkan informasi-informasi yang lebih lengkap dana mat berharga.

5) Memberikan interprestasi dan menarik kesimpulan

Penafsiran atau interpretasi terhadap data hasil evaluasi belajar pada hakikatnya adalah merupakan verbalisasi dari makna yang terkandung dalam data yang telah mengalami pengolahan dan penganalisisan. Atas dasar interpretasi terhadap data hasil evaluasi pada akhirnya dapat dikemukan kesimpulan-kesimpulan tertentu. Kesimpulan-kesimpulan hasil evaluasi itu sudah tentu harus mengacu kepada tujuan dilakukannya evaluasi itu sendiri.

6) Tindak lanjut hasil evaluasi

Bertitik tolak dari data hasil evaluasi yang telah disusun, diatur, diolah, dianalisis, dan disimpulkan sehingga dapat diketahui apa makna yang terkandung didalamnya maka pada akhirnya evaluator akan dapat mengambil keputusan atau merumuskan kebijakan-kebijakan yang dipandang perlu sebagai tindak lanjut dari kegiatan evaluasi tersebut. Harus senantiasa diingat bahwa setiap kegiatan evaluasi menuntut tindak lanjut yang konkret.

POSTINGAN TERKAIT