Ad Unit (Iklan) BIG

Manfaat Berpikir Kritis Menurut Para Ahli


Manfaat Berpikir Kritis Menurut Para Ahli


Manfaat Berpikir Kritis Menurut Para Ahli


Manfaat Berpikir Kritis Menurut ARIEF ACHMAD

Dengan berpikir kritis, maka seseorang:

a. Terhindar dari berbagai upaya penipuan, manipulasi, pembodohan, dan penyesatan.

b. Selalu fokus pada suatu hal yang sebenarnya.

c. Hidup dalam dunia nyata daripada dunia fantasi.

d. Terhindar dari berbagai kesalahan, seperti membuang waktu, uang, dan melibatkan emosi dalam kepercayaan atau ajaran atau dogma atau ideologi yang salah dan menyesatkan.

e. Selalu terlibat dalam perziarahan kemanusiaan yang menarik dan menantang dalam upaya memahami diri sendiri dan dunia di mana kita berada.

f. Selalu mampu memberikan sumbangsih kemanusiaan yang nyata dan bermanfaat demi menemukan dan mengedepankan kebenaran yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan akal sehat.

 g. Mampu menyaring semua informasi yang diperoleh dari semua sumber.

h. Mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dalam hal menjelaskan dan berargumentasi mengenai banyak topik/fenomena serta mampu meyakinkan orang lain yang didasarkan pada akal sehat, kejujuran, dan kebijaksanaan.


Manfaat Berpikir Kritis Menurut Hendra Surya

a. Analisis kritis berguna tidak hanya untuk mengkritisi, menganalisis masalah, tetapi juga untuk menemukan cara untuk menemukan akar masalah. Memahami masalah dengan baik penting untuk dapat memecahkan masalah.

b. Berpikir kritis penting, karena memungkinkan seorang untuk menganalisis, menilai, menjelaskan, dan merestrukturisasi pemikirannya, sehingga dapat memperkecil resiko untuk mengadopsi keyakinan yang salah, maupun berpikir dan bertindak dengan menggunakan keyakinan yang salah tersebut.

c. Berpikir kritis juga diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas seperti menulis buku. Jika seseorang tidak berpikir kritis, maka ia tidak bisa berpikir kreatif.





POSTINGAN TERKAIT