Ad Unit (Iklan) BIG

Pengertian Berpikir Kritis Menurut Para Ahli


Pengertian Berpikir Kritis Menurut Para Ahli


Pengertian Berpikir Kritis adalah salah satu artikel dari paket postingan “Berpikir Kritis”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih terkait.

Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :


Pengertian Berpikir Kritis Menurut Para Ahli

DEPORTER & HERNACHI
Berpikir Kritis Adalah berlatih atau memasukkan penilaian atau evaluasi yang cermat, seperti menilai kelayakan suatu gagasan atau produk.

CF.NORIS & ENNIS
Berpikir Kritis Adalah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan.

SERIVEN DAN PAUL
Berpikir Kritis Adalah sebuah proses intelektual dengan melakukan pembuatan konsep, penerapan, melakukan sintesis, dan atau mengevaluasi informasi yang diperoleh dari observasi, pengalaman, refleksi, pemikiran atau komunikasi sebagai dasar untuk meyakini dan melakukan suatu tindakan.

WIJAYA
Berpikir Kritis Adalah kegiatan menganalisis ide atau gagasan ke arah yang lebih spesifik, membedakannya secara tajam, memilih, mengindentifikasi, mengkaji dan mengembangkannya ke arah yang lebih sempurna.

KURFISS
Berpikir Kritis Adalah sebuah pengkajian yang tujuannya untuk mengkaji sebuah situasi, fenomena, pertanyaan, atau masalah untuk mendapatkan sebuah hipotesis atau kesimpulan yang mengintegrasikan semua informasi yang tersedia sehingga dapat dijustifikasi dengan yakin.

JOHNSON
Berpikir Kritis Adalah sebuah proses terorganisis dan jelas yang digunakan dalam aktivita mental seperti pemecahan masalah, pembuat keputusan, menganalisis asumsi dan penemuan secara ilmiah.

SURYA
Berpikir Kritis Adalah kegiatan yang aktif, gigih, dan pertimbangan yang cermat mengenai sebuah keyakinan atau bentuk pengetahuan apapun yang diterima dipandang dari berbagai sudut alasan yang mendukung dan menyimpulkan.

JENSEN
Berpikir Kritis Adalah proses mental yang efektif serta handal, digunakan dalam mengejar pengetahuan yang relevan dan juga benar mengenai dunia.

Pengertian Berpikir Kritis Menurut Para Ahli (Inggris)


THE AMERICAN PHILOSOPHICAL ASSOCIATION
Critical Thinking Is the process of purposeful, self-regulatory judgment. The process gives reasoned consideration to evidence, contexts, conceptualizations, methods, and criteria.

DAVID A. HUNTER
Critical Thinking Is reasonable thinking because it is governed by general methods and standards and because it demands that we have good reasons for our decisions.

GEORGE W. RAINBOLT, ‎SANDRA L. DWYER
Critical thinking is the skill of making decisions based on good reasons. Learning to think critically is one of the most valuable skills you can acquire because its reflective, analytical, and evaluative aspects can be brought to bear on any problem or issue.



POSTINGAN TERKAIT