Ad Unit (Iklan) BIG

Tujuan Evaluasi Pembelajaran, Guru Wajib Tahu


Tujuan Evaluasi Pembelajaran, Guru Wajib Tahu


Tujuan Evaluasi Pembelajaran adalah salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih terkait.

Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :



Tujuan Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli

MUHIBBIN SYAH
Tujuan Evaluasi Yaitu:
1) mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai dalam suatu kurun waktu proses belajar tertentu.
2) mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
3) mengetahuai tingkat usaha yang dilakukan siswa dalam belajar.
4) mengetahui hingga sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitifnya (kemampuan kecerdasan yang dimilikinya) untuk keperluan belajar, dan
5) mengetahui tingkat daya guna dan hasil guna metode mengajar yang telah digunakan guru dalam proses belajar mengajar.

GILBERT SAX
Tujuan Evaluasi dan pengukuran adalah untuk Seleksi, penempatan, diagnosis dan remediasi, umpan balik: penafsiran acuran-norma dan acuan-patokan, motivasi dan bimbingan belajar, perbaikan program dan kurikulum; evaluasi formatif dan sumatif serta pengembangan teori.

KELLOUGH DAN KELLOUGH
Tujuan Penilaian Adalah untuk membantu belajar siswa, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, menilai efektivitas strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektivitas program kurikulum, menilai dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, menyediakan data yang membantu dalam membuat keputusan, komunikasi dan melibatkan orang tua siswa.

SUHARSIMI ARIKUNTO DAN CEPI SAFRUDIN
Penilaian dilakukan bertujuan: 1) merangsang aktivitas siswa; 2) menemukan penyebab kemajuan atau kegagalan pembelajaran; 3) memberi bimbingan yang sesuai; 4) memberi laporan tentang kemajuan siswa kepada orangtua dan lembaga pendidikan terkait; dan 5) sebagai feed back. Sebuah program bukan hanya kegiatan tunggal, melainkan kegiatan yang berkesinambungan karena melaksanakan suatu kebijakan.

Secara Umum Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk:

a. Memperoleh data pembuktian yang akan menjadi petunjuk samapai dimana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan-tujuan kurikuler setelah menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

b. Mengukur dan menilai sampai dimanakah efektifitas mengajar dan metode-metode mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa.

Adapun yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam bidang pendidikan adalah:

a. untuk meransang kegiatan siswa dalam menentukan faktor-faktor program pendidikan.

b. Untuk mencari dan menemukan faktor-faktor penyebab keberhasilan siswa dalam mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan ditemukan jalan keluar atau cara–cara perbaikan

POSTINGAN TERKAIT