Bank : Pengertian dan Definisi Bank Menurut Para Ahli


Bank : Di dalam postingan ini, terdapat beberapa Definsi Bank dari berbagai sumber, yang kami kutip dari buku, jurnal, maupun karya ilmiah lainnya.

###
1. Apa Definisi Bank ?
2. Apa Pengertian Bank ?
3. Apa Itu Bank ?
4. Bank adalah ?
###

Pengertian Bank menurut Hermansyah

Bank adalah lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi orang perseorangan, badan-badan usaha swasta, badan-badan usaha milik negara, bahkan lembaga-lembaga pemerintahan menyimpan dana-dana yang dimilikinya. 

Sumber : Hukum Perbankan Nasional Indonesia
Penulis : Hermansyah

Pengertian Bank menurut Prof. G.M. Verryn Stuart

Bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit, baik dengan alat-alat pembayarannya sendiri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain, maupun dengan jalan mengedarkan alat-alat penukar baru berupa uang giral. 

Sumber : Hukum Perbankan Nasional Indonesia
Penulis : Prof. G.M. Verryn Stuart dalam Hermansyah

Pengertian Bank menurut Kasmir

Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya. 

Sumber : Analisis Laporan Keuangan
Penulis : Kasmir

Pengertian Bank menurut A. Abdurrachman

Bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan-perusahaan, dan lain-lain. 

Sumber : Ensiklopedi Ekonomi Keuangan Perdagangan.
Penulis : A. Abdurrachman

Pengertian Bank menurut Pasal 1 Angka 2 Undang Undangan Nomor 10 Tahun 1998

Bank adalah dana usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.   

Sumber : Pasal 1 Angka 2 Undang Undangan Nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 7 Tahun 1992
Penulis : -

Pengertian Bank menurut Ikatan Akuntan Indonesia

Bank adalah Bank adalah lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan (financial intermediary) antara pihak yang memiliki dana dan pihak yang memerlukan dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran. 

Sumber : Standar Akuntansi Keuangan (SAK) 1 September 2007
Penulis : Ikatan Akuntan Indonesia

POSTINGAN TERKAIT