Ad Unit (Iklan) BIG

Pidana : Pengertian dan Definisi Pidana Menurut Para Ahli

Pidana : Di dalam postingan ini, terdapat beberapa Definsi Pidana dari berbagai sumber, yang kami kutip dari buku, jurnal, maupun karya ilmiah lainnya.

###
1. Apa Definisi Pidana ?
2. Apa Pengertian Pidana ?
3. Apa Itu Pidana ?
4. Pidana adalah ?
###

Pengertian Pidana menurut H. R. S. Effendy, S. H

Pidana Adalah suatu penderitaan yang sengaja dibebankan kepada orang yang melakukan perbuatan yang memenuhi syarat – syarat tertentu.

Sumber            : Pengantar Hukum Indonesia
Penulis             : H. R. S. Effendy, S. H

Pengertian Pidana menurut P. A. F. Lamintang

Pidana atau straf adalah suatu penderitaan yang oleh undang – undang pidana telah dikaitkan dengan pelanggaran terhadap suatu norma, yang dengan suatu putusan hakim telah dijatuhkan bagi seseorang yang bersalah.

Sumber            : Dasar – Dasar Hukum Pidana Indonesia
Penulis             : P. A. F. Lamintang

Pengertian Pidana menurut Moeljatno

Pidana Adalah merupakan suatu istilah yuridis yang mempunyai arti khusus sebagai terjemahan dari bahasa Belanda ”straf” yang dapat diartikan sebagai ”hukuman”.

Sumber            : Asas-asas Hukum Pidana
Penulis             : Moeljatno

Pengertian Pidana menurut Van Hamel

Pidana atau Straf menurut hukum positif adalah suatu penderitaan yang bersifat khusus oleh yang telah dijatuhkan oleh kekuasaan yang berwenang untuk menjatuhkan pidana atas nama negara sebagai penanggung jawab dari ketertiban hukum umum bagi seorang pelanggar, yakni semata-mata karena orang tersebut telah melanggar suatu peraturan hukum yang harus ditegakkan oleh negara.

Sumber            : Pokok-Pokok Hukum Panitensier Indonesia
Penulis             : Van Hamel dalam Tolib Setiady

Pengertian Pidana menurut Simons

Pidana atau straf adalah suatu penderitaan yang oleh undang-undang pidana telah dikaitkan dengan pelanggaran terhadap suatu norma, yang dengan suatu putusan hakim telah dijatuhkan bagi seorang yang bersalah.

Sumber            : Hukum Panitensier Indonesia
Penulis             : Simons dalam P.A.F. Lamintang

Pengertian Pidana menurut Alga Jassen

Pidana atau straf adalah alat yang dipergunakan oleh penguasa (hakim) untuk memperingatkan mereka yang telah melakukan suatu perbuatan yang tidak dapat dibenarkan. Reaksi dari penguasa tersebut telah mencabut kembali sebagian dari perlindungan yang seharusnya dinikmati oleh terpidana atasa nyawa, kebebasan, atau harta kekayaannya, yaitu seandainya ia telah tidak melakukan tindak pidana.

Sumber            : Hukum Panitensier
Penulis             : Alga Jassen dalam Marlina




POSTINGAN TERKAIT