Etika : Pengertian dan Definisi Etika Menurut Para Ahli

Pengertian Etika : Di dalam postingan ini, terdapat beberapa Definisi Etika dari berbagai sumber. Kami kutip dari buku, jurnal, maupun karya ilmiah lainnya.

###

1. Apa Definisi Etika ?

2. Apa Pengertian Etika ?

3. Apa Itu Etika ?

4. Etika adalah ?

###

Kumpulan Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Pengertian Etika menurut Ahmad Amin

Etika adalah Ilmu pengetahuan yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, menyatakan tujuan yang harus dicapai oleh manusia dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat oleh manusia.

Penulis : Ahmad Amin dalam Ichwan Fauzi

Judul Buku : Etika Muslim

 

Pengertian Etika menurut Soegarda Poerbakawatja

Etika adalah Filsafat nilai, pengetahuan tentang nilai-nilai, ilmu yang mempelajari nilai-nilai dan kesusilaan tentang baik dan buruk.

Penulis : Soegarda Poerbakawatja dalam Ichwan Fauzi

Judul Buku : Etika Muslim

 

Pengertian Etika menurut Ki Hajar Dewantara

Etika adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari soal kebaikan dan keburukan dalam hidup manusia semuanya, terutama mengenai gerak-gerik pikiran dan rasa yang merupakan pertimbangan dan perasaan sampai mengenai tujuannya dalam bentuk perbuatan.

Penulis : Ki Hajar Dewantara dalam Ichwan Fauzi

Judul Buku : Etika Muslim

 

Pengertian Etika menurut Karl Barth

Etika berasal dari ethos sebanding dengan moral berasal dari mos. Keduanya merupakjan filsafat tentang adat kebiasaan (sitten).Kata Jerman sitte menunjukkan arti moda (mode)tingkah laku manusia, yakni suatu konstansi tindakan manusia.Karena itu, secara umum etika atau moral adalah filsafat, ilmu atau disiplin tentang tingkah laku atau tindakan manusia.

Penulis : Karl Barth dalam Ichwan Fauzi

Judul Buku : Etika Muslim

 

Pengertian Etika menurut Abintaro Prakoso

Etika adalah nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang/suatu kelompok masyarakat dalam mengatur perilakunya.

Penulis : Abintaro Prakoso

Judul Buku : Etika Profesi Hukum

POSTINGAN TERKAIT